Gebyar Pekan Pendidikan 4 Fakultas Ilmu Pendidikan


Pada hari senin tanggal 23 April 2018 tepat pukul 07.30 bertempat di Gedung Pertemuan Universitas Trunojoyo Madura sedang berlangsung acara puncak Gebyar Pekan Pendidikan dalam rangka memperingati Diesnatalis Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura yang ke 4 yang bertemakan “Membangun Madura Melalui Pendidikan Multikultural Untuk Menyongsong Revolusi Industri”. Acara tersebut merupakan acara penutup dari rentetan acara yang telah diselenggarakan oleh panitia Pekan Pendidikan selama satu bulan. Adapun acara yang telah diselenggarakan oleh panitia Pekan Pendidikan antara lain lomba futsal antar mahasiswa dan dosen serta staff karyawan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura, lomba menyanyi duet dan solo, lomba drama musikal kolonel, dan juga lomba memasak antar dosen prodi se Fakultas Ilmu Pendidikan. Acara tersebut yang mengangkat tema pendidikan melalui kebudayaan berlangsung sangat meriah dengan hadirnya Rektor Universitas Trunojoyo Madura yang diiringi oleh penari, dan dibuka langsung oleh bapak Rektor Universitas Trunojoyo Madura beserta Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dengan pemukulan gong secara simbolis.
Pada acara ini banyak sekali mempersembahkan talenta-talenta mahasiswa dan juga dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura yang ditampilkan, ada yang unjuk bakat menyanyi, traditional dan modern dance, band Pendidikan Informatika, paduan suara (FIP Choir), drama musikal, musikalisasi puisi yang mengangkat tema kebudayaan. Traditional dan modern dance yang ditampilkan oleh tallent FIP Dance yang terdiri dari mahasiswa terpilih dari setiap prodi se Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura yang mengangkat tema nusantara, menyajikan tarian dari berbagai daerah mulai dari jawa, madura, sampai papua. Ada juga yang menyumbangkan performence modern dance dari prodi PG PAUD, dan juga Pendidikan IPA. Selain dance, ada juga tallent paduan suara yang merupakan gabungan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan terpilih dari seleksi FIP Choir, tim paduan suara FIP Choir ini membawakan lagu Indonesia Raya, mars UTM, dan mars IMAKIPSI sebagai pembuka, dan membawakan lagu daerah madura yang berjudul “Wa’rojengan”, dan lagu daerah Jawa yang berjudul “Tul Jaenal Jaejatul Jaeji”. Selain itu, ada juga tallent pemenang lomba FIP Competition yang ditampilkan pada acara tersebut, yakni ada performence Drama Musikal Kotemporer dari prodi PGSD yang mengangkat cerita asal mula nama pulau Madura, performence pemenang lomba menyanyi solo dari Arum Miatri Tungga Dewi asal podi PGSD, dan juga ada penampilan musikalisasi puisi daru UKM-F Sabit.
Ibu Rika Mellyaning Khoiriya, S.Pd., M.Pd selaku ketua pelaksana acara ini mengangkat tema pendidikan multikultural dengan harapan dapat megenalkan lebih luas kebudayaan di Indonesia, lebih mencintai budaya lokal, mempererat rasa nasionalisme, dan menjunjung tinggi nilai toleransi. Banyak sekali apresiasi dan harapan yang dituturkan untuk FIP kedepan.
Selain banyak tellent-tallent dari mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan sendiri, ada juga acara bergengsi yang diadakan setiap tahunnya, yakni pemilihan Duta Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura tahun 2018. Pemilihan Duta Pendidikan tahun ini berbeda dengan pemilhan duta pada sebelumnya. Pemlihan duta tahun ini mengangkat tema kebudayaan juga seperti tema acara gebyar, terdapat 10 pasang finalis dari setiap prodi dan memakai pakaian adat dari daerah yang berbeda, ada yang memakai pakaian adat Bali, Sulawesi, Jawa, Sumatera utara, Sumatera Barat, Madura, dll. Dari 10 finalis Duta Pendidikan ini akan di beri pertanyaan yang berbeda dan dinilai oleh dewan juri. Pada akhir acara sesuai akumulasi nilai dari dewan juru dinobatkan Adella dari prodi PBI sebagai Duta Pendidikan Favorite Fakultas Imu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura, dan juga menobatkan Tawakkal dari prodi PBI serta Ratih dari prodi PGSD sebagai Duta Pendidikan Fakultas Imu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura Tahun 2018.
Sebelum diumumkannya pemenang Duta Pendidikan, diumumkan terlebih dahulu pemenang lomba FIP Competition dalam rentetan acara Pekan Pendidikan yang telah terlaksana mulai bulan Maret kemarin. Untuk lomba Futsal Juara 1 dimenangkan oleh BEM FIP Kabinet Dewantara, juara 2 dimenangkan oleh prodi PGSD, lomba Drama musikal dimenangkan oleh prodi PGSD, lomba memasak dosen antar prodi juara 1 dimenangkan oleh prodi PGSD, juara 2 dimenangkan oleh prodi PBI, dan juara 3 dimenangkan oleh prodi Pendidikan IPA. Untuk lomba videografi yang diselanggrakan oleh UKM-F GP-EST JUARA 1 dimenangkan oleh Ambika, dan juara 2 dimenangkan oleh Nur Aprilia. Untuk lomba menyayi solo juara 1 dimenangkan oleh Arum Miatri dari prodi PGSD, dan juara 2 diraih oleh Aini dari prodi Pendidikan IPA, dan untuk lomba menyanyi duet juara 1 dimenangkan oleh Bapak Fachrur Rozie, S,Pd., M.Pd dan juga Septina dari prodi PGSD, dan juara 2 diraih oleh Bapak Aris dan juga Tami dari prodi Pendidikan IPA. Dan diakhir acara ada penobatan supporter terheboh, supporter terheboh pertama dimenangkan oleh prodi Pendidikan IPA dan supporter terheboh kedua dimenangkan oleh prodi PGSD.