Olimpiade SAINS Pedidikan IPA

olimpiade
olimpiade2


OSN PERTAMINA merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi para mahasiswa dari PTN/PTS di seluruh Indonesia dan menjadi wadah generasi muda untuk mengekspresikan diri, menampilkan karya cipta, serta mengukir prestasi. Kompetisi ini telah berlangsung setiap tahun dan diselenggarakan berturut-turut sejak tahun 2008. Oleh sebab itu, HIMAPIPA (Himpunan Mahasiswa Pendidikan IPA) memberikan inovasi kegiatan untuk Prodi Pendidikan IPA Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yakni HIMAPIPA Proudly Present OSPA, pada hari Sabtu (03/062017) di mulai pukul 07.45 WIB, bertempat di RKB-D.
Dalam Kegiatan ini, HIMAPIPA Proudly Present OSPAmengusung tema “Legitkan Potensi Wujudkan Pendidikan IPA Berprestasi”.  Yang diketuai oleh Kholifatul Firdausiyah, mahasiswa semester 4, dari kelas 4C. OSPA sendiri merupakan Olimpiade Sains Pendidikan IPA yang ditujukan untuk menyongsong OSN PERTAMINA.
Kegiatan OSPA ini diikuti oleh 60 peserta dari mahasiswa Prodi Pendidikan IPA, mulai dari semester 2 hingga semester 6. Kegiatan ini terdiri dari 3 bidang, yaitu Biologi dengan jumlah peserta 30 mahasiswa, Fisika 15 mahasisw,  dan Kimia 15 mahasiswa.
Pengerjaan soal dimulai pukul 08.00 WIB-10.00 WIB. Sebelumnya, kegiatan diawali dengan check in peserta, kemudian seluruh peserta masuk ke dalam ruangan dan mendapatkan breafing dari pengawas ruang.
Mahasiswa yang mengikuti kegiatan OSPA ini, mendapat fasilitas berupa e-sertifikat, pin, stiker, plus bimbingan dari Science Club dan sertifikat untuk 5 besar dalam setiap bidangnya (Biologi, Fisika dan Kimia).
Kegitan OSPA ini, merupakan kegiatan yang baru dilakukan pertama kali oleh HIMAPIPA UTM. Namun, kegiatan OSPA ini telah mendapatkan respon positif darai berbagai pihak, mulai dari mahasiswa Pendidikan IPA sendiri serta dari para Dosen.
Melalui Kegiatan OSPA ini, diharapkan mahasiswa Pendidikan IPA mampu meningkatkan prestasi akademik dan terpacu untuk lebih bersemangat dalam ajang OSN PERTAMINA.


KABINET SATU HATI
"MENGABDI SEPENUH HATI"